Kamis, 16 Mei 2013

contoh laporan perkembangan peserta didik

LAPORAN
PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK



Oleh :
Nama                          : Deni Purwati
Kelas                           : II D


NIM                            : 1111500088


BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
2012




KATA PENGANTAR

Seiring alunan kata Alhamdulillah, segala puji syukur semata-mata hanya untuk Allah SWT. Yang telah melimpahkan karunia, taufik, dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat merampungkan laporan ini. Penulis menyadari bahwa terselesaikannya laporan ini berkat dorongan dan arahan dan menyampaikan ucapan terimakasih kepada :
1.    Dr. Maufur
2.    Teman-teman mahasiswa Kelas D yang telah membantu memberikan sumbang saran penulisan laporan ini.
Penulis juga menyadari sepenuhnya bahwa kemampuan yang ada pada penulis sangat tebatas. Untuk itu, dengan segala kerendahan hati, penulis mohon kepada pembaca untuk memberikan saran dan kritik yang membangun demi kebaikan penulisan laporan selanjutnya. Akhirnya penulis berharap semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca.







ii





DAFTAR ISI


JUDUL .......................................................................................................  i
KATA PENGANTAR ..............................................................................  ii
DAFTAR ISI .............................................................................................  iii
BAB   I     PENDAHULUAN
1.      Latar Belakang Masalah ..............................................................  1
BAB   II    PEMBAHASAN
1.       Identitas Diri ............................................................................  2
2.       pertumbuhan Fisik..................................................................... 3
3.       Perkembangan Psikis ................................................................  4
4.       Analisis..................................................................................... 5
BAB   III   PENUTUP
1        Simpulan ................................................................................... 8







iii


BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang Masalah
                  Pada pengembangan peserta didik, individu akan menjadi baik jika mengetahui pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis dimana setiap individu pasti berbeda dan akan berubah. Dengan mengamati tiap-tiap individu dan mengetahui keadaan pertumbuhan fisik dan perkembangan psikis, konselor atau guru dapat memahami perkembangan peserta didik dan bisa akan menolong anak dari berbagai masalah.
                  Agar pengembangan individu terus meningkat, hal yang perlu ditingkatkan yaitu tentang pengetahuan dan kesadaran anak tentang pengetahuan dan kesadaran individu tentang pentingnya pengetahuan pengembangan peserta didik, serta pemahaman diri sehingga dapat diharapkan meningkatnya belajar mereka dalam menjaga konsistensi tetap terpelihara.
                  Hasil dari pengembangan peserta didik akan meningkatkan kualitas anak menjadi lebih baik. Hal itu disebabkan anak mengetahui memahami kelemahan dan kelebihan pada dirinya.
                 
                 


1




BAB II
PEMBAHASAN

1.     IDENTITAS DIRI
Nama                           : Muzaeni Al huda
Nama panggilan          : Huda
Tempat, tanggal lahir  : Pemalang, 23 Juli 2009
Alamat                        : Desa Loning ; RT : 19 ; RW : 02; Kec. Petarukan ; Kab. Pemalang
Jenis kelamin               : Laki-laki
Agama                         : Islam
Umur                           : 3 tahun
Hobi                            : Bermain dan makan
Cita-cita                      :  -
Makanan favorit          : kripik,bubur,cokelat
Minuman favorit         : air putih dan susu
Tokoh idola                 : Upin ipin, saun the sheep
Sekolah                       : -
Nama orang tua           : Ayah : Yanto
                                                   Ibu    : Eli Khotiroh
Jumlah saudara            :  -
Anak ke                       : 1



2




2.     PERTUMBUHAN FISIK
Dalam pertumbuhan fisik Huda banyak mengalami perubahan dalam jangka waktu 4 bulan dimulai dari bulan maret, april, mei dan juni. Dari pertumbuhan fisik ini dapat dijelaskan bahwa dari bulan :
a.       Maret
Pertumbuhan fisik pada bulan maret, Huda rambutnya saat itu panjang dan berat badannya 16 kg,warna kulit sawo matang,badannya gemuk untuk ukuran anak seumurannya,tinggi 110 cm

b.      April
Pertumbuhan fisiknya pada bulan ini, Huda tidak begitu signifikan dalam perkembangan fisiknya. Masih terlihat seperti dibulan maret hanya  kulitnya terlihat babak belur,badannya agak kurusan dan terlihat agak pucat dalam kesehariannya.

c.       Mei
Pertumbuhan fisik bulan Mei, Huda berat badannya turun menjadi 14 kg,bercak bercak di tubuhnya mulai memudar, rambutnya pendek

d.      Juni
Pertumbuhan fisik bulan ini, berat badannya mulai naik mencapai angka
15 kg, bercak bercak di sekujur tubuhnya sudah pudar,rambut dikepalanya sudah mulai tumbuh.




3



3.     PERKEMBANGAN PSIKIS
Dalam perkembangan psikis Huda banyak mengalami perubahan dalam jangka waktu 4 bulan dimulai dari bulan maret, april, mei dan juni. Dari perkembangan psikis ini dapat dijelaskan bahwa dari bulan:

a.       Maret
Perkembangan psikis pada bulan maret, Huda sikapnya suka manja, suka makan,suka bermain,berlari,melompat,memanjat dan suka mengunjungi rumah teman temannya untuk sekedar bermain bersama.

b.      April
Perkembangan psikis pada bulan april, Huda sering menangis, cengeng, manja, pendiam, tidak nafsu makan dan tidak suka keluar rumah.

c.       Mei
Perkembangan psikis pada bulan Mei, Huda mulai bosan dirumah, masih sering rewel, mulai suka menyentuh, merobek, melempar jika diberikan alat alat / mainan tertentu.

d.      Juni
Perkembangan psikis pada bulan Juni  , Huda sudah mulai aktif bermain , belajar  pemula (menulis menggambar) , gemar bertanya tentang hal hal baru, mampu membuat kalimat yang sederhana, mulai nafsu makan.



4





4.     ANALISIS

A.          PERTUMBUHAN FISIK
Dalam pertumbuhan fisik Huda banyak mengalami perubahan dalam jangka waktu 4 bulan dimulai dari bulan maret, april, mei dan juni. Dari pertumbuhan fisik ini dapat dijelaskan bahwa dari bulan :
e.       Maret
Pertumbuhan fisik pada bulan maret, Huda rambutnya saat itu panjang dan berat badannya 16 kg,warna kulit sawo matang,badannya gemuk ,tinggi 110 cm, giginya sudah berjumlah 20.
Huda adalah anak yang sehat , dapat dilihat dari badannya yang gemuk untuk ukuran anak seumurannya,giginya sudah tumbuh seperti anak seusianya.

f.       April
Pertumbuhan fisiknya pada bulan ini, Huda tidak begitu signifikan dalam perkembangan fisiknya. Masih terlihat seperti dibulan maret hanya  kulitnya terlihat babak belur,badannya agak kurusan dan terlihat agak pucat dalam kesehariannya.
Huda bulan April Mengalami kecelakaan jatuh dari becak ditabrak motor yang menyebabkan babak belur dan badannya sakit kurusan.




5



g.      Mei
Pertumbuhan fisik bulan Mei, Huda berat badannya turun menjadi 14 kg,bercak bercak di tubuhnya mulai memudar, rambutnya pendek.
Huda pada bulan mei mengalami berat badan turun karena pasca kecelakaan tetapi rabutnya yang panjang menjadi pendek dan sudah mulai memudar luka ditubuhnya.

h.      Juni
Pertumbuhan fisik bulan ini, berat badannya mulai naik mencapai angka
15 kg, bercak bercak di sekujur tubuhnya sudah pudar,rambut dikepalanya sudah mulai tumbuh.
            Terjadi peningkatan pada bulan ini dilihat dari berat badan naik, luka ditubuhnya sembuh dan rambutnya mulai panjang.

B.       PERKEMBANGAN PSIKIS
Dalam perkembangan psikis Dhani banyak mengalami perubahan dalam jangka waktu 4 bulan dimulai dari bulan maret, april, mei dan juni. Dari perkembangan psikis ini dapat dijelaskan bahwa dari bulan:

a.       Maret
Perkembangan psikis pada bulan maret, Huda sikapnya suka manja, suka makan,suka bermain,berlari,melompat,memanjat dan suka mengunjungi rumah teman temannya untuk sekedar bermain bersama.
Pada bulan maret, Huda sedang mengalami menikmati senang-senangnya bermain seperti berlari, melompat, mengunjungi teman-temannya dan lain-lain.


6


b.      April
Perkembangan psikis pada bulan april, Huda sering menangis, cengeng, manja, pendiam, tidak nafsu makan dan tidak suka keluar rumah.
Bulan april Huda sering menangis, cengeng, tidak nafsu makan dan tidak suka keluar rumah karena huda menahan sakitnya setelah kejadian kecelakaan jatuh dari becak dan maunya dekat dengan ibunya.

c.       Mei
Perkembangan psikis pada bulan Mei, Huda mulai bosan dirumah, masih sering rewel, mulai suka menyentuh, merobek, melempar jika diberikan alat alat / mainan tertentu.
Perkembangan psikis pada bulan mei sudah mulai bosan dirumah, rewel, merobek dan melempar barang didekatnya karena psikologisnya gunjang karena masih sakit pasca kecelakaan pada bulan april.

d.      Juni
Perkembangan psikis pada bulan Juni  , Huda sudah mulai aktif bermain , belajar  pemula (menulis menggambar) , gemar bertanya tentang hal hal baru, mampu membuat kalimat yang sederhana, mulai nafsu makan.
Bulan ini Huda mulai bermain lagi, nafsu makan kembali dapat dilihat dari  keaktifan bermain Huda dan terlihat sembuh dan pudar luka ditubuhnya.






7






BAB III
PENUTUP

1.     simpulan
a.       Identitas  Diri terdiri dari Nama, nama panggilan, tempat tanggal lahir, alamat dan lain-lain yang bersangkutan tentang perkembangan anak.
b.      Pertumbuhan fisik dapat dilihat dari kasat mata dimana kondisi luar fisik individu.
c.       Perkembangan psikis dapat di indikasikan dengan perilaku dan tingkah laku anak.
d.      Penganalisis pertumbuhan dan perkembangan dimana ada hubungan yang beriringan dalam kehidupannya







8


1 komentar: