Kamis, 16 Mei 2013

contoh satuan layanan



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING(RPP)

A.    Topik permasalahan/ bahasan                          : Menumbuhkan rasa optimis
B.     Bidang bimbingan                                           : Pribadi
C.     Jenis layanan                                                   : informasi
D.    Fungsi layanan                                                : pemeliharaan dan pengembangan
E.     Tujuan layanan/ hasil yang ingin dicapai        : mengetahui dan memahami cara menumbuhkan rasa optimis peserta didik
F.      Sasaran layanan                                               : peserta didik kelas 10 SMAN 1 Petarukan
G.    Uraikan kegiatan dan materi kegiatan            :
H.    Konselor:
1.      Salam pembuka dan do’a
2.      Presensi
3.      Iced breaking ( mengenali teman dengan karakteristik tertentu)
4.      Menjelaskan topik bahasan mengenai topik permasalahan
5.      Tanya jawab
6.      simpulan
Siswa:
1.      Berpartisipasi dalam kegiatan iced breaking
2.      Berpartisipasi dalam tanya jawab
3.      Mendengarkan dan memahami materi yang disampaikan


I.       Metode                                                            : ceramah, diskusi dan tanya jawab
J.       Tempat penyelenggaraan                                : kelas 10 B
K.    Waktu dan tanggal                                          : 1 x 45 dan 27 maret 2013
Semester                                                          : II
L.     Penyelengara layanan                                      : Konselor
M.   Pihak yang diikutsertakan                               : Wali kelas
N.    Alat dan perlengkapan                                    : spidol, pulpen,buku,penghapus





O.    Rencana penilaian dan tindak lanjut               :
a.       Rencana penilaian
·         Laiseg       :
Proses penilaian    : - Peserta didik mengikuti layanan dengan baik dari awal sampai selesai
-          Peserta didik aktif dalam pendapat dan tanggapan
Evaluasi                 :  peserta didik mampu menjelaskan rasa optimis dan mampu    memahaminya

b.      Tindak lanjut   : Pembimbing akan terus memantau perkembangan   peserta didik dan mengadakan konseling bagi peserta didik yang membutuhkan konseling

P.      Keterkaitan layanan                                        : Himpunan data
Q.    Catatan khusus                                                :  -

Pemalang,……

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       Konselor





 

 

13 Cara Menumbuhkan Optimisme Dalam DIri


Optimisme adalah hal terbaik yang dapat anda berikan kepada diri anda, untuk member diri anda dukungan dan semangat untuk jangka panjang.
Para dokter dan psikiater kini sependapat bawa rasa lelah berasal dari pikiran, bukanlah dari masalah jasmani. Perasaan bosan, mudah marah, kesal, frustasi, merasa dikejar-kejar, ketegangan dan kekhawatiran, semuanya merupakan emosi yang membuat anda merasa kehabisan energy.
Obat kuat, tidur seharian, tidak akan menolong kehidupan anda,. Untuk mendapatkan energy, anda harus membentuk Optimisme. Disini ada beberapa hal yang anda bisa lakukan untuk menumbuhkan rasa optimisme dalam diri anda :
1.      Lebih banyak senyum
Para ilmuwan menemukan bahwa senyum dengan sungguh-sungguh akan mengurangi ketegangan wajah dan menimbulkan perubahan susunan kimia ringan dalam jasmani anda.
2.      Pertahankan postur tubuh yang baik.
Berdirilah tegak, kembungkan dada, perut tarik ke dalam, dan bahu luruskan. Anda akan merasakan semangat jiwa anda meningkat pada saat meluruskan postur tubuh anda. Karena orang yang pesimis umumnya berjalan bongkok.
Bukankah tidak diperlukan lebih banyak energy untuk berdiri atau duduk lebih tegak?
3.      Bicaralah dengan suara yang jelas dan bisa didengar.
      Orang ang optimis akan berbicara lebih lantang. Sering kali orang yang berbicara pelan diminta mengulangi perkataannya, bukankah itu menghabiskan energy dua kali?
4.      Jangan anggap tugas sebagai gangguan tetapi anggaplah setiap tugas sebagai aktivitas baru.
      Jangan menggumam kesal saat mengerjakan sesuatu, kemudian datang tugas lain yang harus anda kerjakan. Terimalah tugas itu dengan senyuman.
5.      Hindari selalu melihat jam.
Kalau anda merasakan desakan waktu, jangan setiap beberapa menit melihat jam. Anda hanya akan bertambah tegang dan semangat akan pergi dari anda karena anda akan merasa waktu menjadi sangat lambat bahkan seperti berhenti. 
6.      Carilah sentuhan kreatif
Kalau anda menghadapi tugas membosankan berulang-ulang, carilah cara untuk membuatnya menarik. Gunakan imajinasi dan susun skenario untuk mengerjakannya. Misalnya pekerjaan anda setiap hari adalah mencuci mobil, coba berimajinasi bahwa anda sedang mencuci mobil anda untuk mengikuti kejuaraan dunia.
7.      Pikirkan dan bicarakan kesehatan anda secara positif
Jangan terlalu memikirkan gangguan kesehatan anda karena gangguan itu justru akan lebih lama tinggal di diri anda. Berfokuslah pada hal-hal yang baik di diri dan keluarga anda.
8.      Baca, dengar dan tontonlah berita serta informasi yang perlu anda ketahui untuk meningkatkan profesional dan pribadi anda.
Hindari godaan untuk menghabiskan waktu dan pikriran anda untuk membaca, menonton atau mendengar hal-hal pribadi orang lain (gossip). karena banyak mendengar, menonton atau membaca tentang gosip akan membuat anda cenderung sinis terhadap orng lain
9.      Pilihlah lebih banyak teman dan rekan yang bersikap optimis
Alasan berteman sebaiknya bukan untuk berbagi masalah serupa, tapi lebih berupa saling berbagi pemecahan dan tujuan.
10.  Belajarlah bersikap tenang dan bersahabat
Terlepas dari seberapa besarnya tekanan yang sedang anda hadapi, cobalah untuk selalu bersikap membantu.
11.  Beri salam pada orang lain dengan ucapan yang bersemangat
Berilah semangat bagi orang lain, sekalipun kita sedang tidak berenergi. Karena semakin sering kita memberi semangat bagi orang lain, maka kita sendiri akan semakin berenergi.
12.  Bernyanyilah
      Bernyanyilah sekuat paru-pari anda maka anda akan merasa semakin berenergi.
13.  Berkonsentrasilah pada pemikiran yang menyenangkan sebelum anda tidur
      Jangan beranjak tidur dengan imajinasi yang buruk, mengkhawatirkan sesuatu yang belum tentu terjadi, dan merenungi atau menyesali masa lalu. Berantusiasmelah bahwa hari-hari anda akan menyenangkan dan anda akan bangun lebih segar.
Tularkanlah antusiasme itu pada orang lain, semakin antusiasme terbentuk di sekitar anda, semakin mudah pula untuk mempertahankan optimism pada diri anda.


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar