Kamis, 16 Mei 2013

praktikum konseling individual



       TUGAS

Praktikum konseling individual
Dosen pengampu : Drs.Sukoco KW, M.Pd

Oleh    :
Nama               : Deni Purwati
Kelas               : IV D

BIMBINGAN DAN KONSELING
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
2013

Kasus       = Pemikiran yang irasional tentang kehidupan
Bidang                 = pribadi
Konselor  = Deni purwati
Konseli     = Tata

Tata adalah seorang siswa di SMA N 1 Petarukan , Ia mempunyai seorang mantan pacar  bernama Jono.
Akan tetapi perpisahannya dengan jono membuat Tata terpuruk dan prestasi belajarnya menurun,sehingga ia dating ke ruang bk untuk menyelesaikan masalah yang sedang ia hadapi.

Tahap pembukaan
klien = selamat siang, Bu Deni.
Kons= selamat siang, silahkan masuk, Tata( acceptance)
Klien= makasih bu
Kons= bagaimana kabarmu hari ini?(rapport)
Klien=baik baik saja bu
Kons=bagaimana kegiatan pensi minggu lalu? Hebat ya penampilan kamu diacara pelepasan          siswa kelas XII .sangat memukau (attending)
Klien=ya , sekedar menyalurkan hobi sekaligus ikut meramaikan acara pelepasan biar rame.           Lagian menyanyi  udah jadi hobi aku sejak kecil.
Kons= saya gak nyangka itu kamu Ta , masalahnya kamu sangat memukau dan terlihat      mendalami lagu yang sedang kamu bawakan . (attending)
Kien= ya makasih  bu. Saya jadi malu sekaligus senang
Kons= Itu kemarin kalau tidak salah lagunya peterpan yang berjudul ( Semua Tetang Kita)            hampir  seluruh kelas XII sangat menikmati lagu itu, mungkin karena lirik nya          menyentuh dan pas bagi mereka yang sebentar lagi merayakan.Otomatis kan mereka akan     saling berjauhan . (attending)
Klien= iya bu, betul .
Kons= Tata. Kemarin kita sudah membuat janji untuk mambicarakan masalahmu.bagaimana          apakah kamu siap untuk mengungkapkan masalahmu kepada saya?( Raport/
Klien=siap bu.
Identifikasi masalah
Kons= coba kamu ceritakan masalah yang kamu hadapi sekarang.(open question)
Klien= begini bu, akhir- akhir ini pikiran saya terganggu.
Diagnosa
Kons= jadi pikiran kamu akhir- akhir ini sedang terganggu?(reflection of feeling)
Klien= iya bu. Yang saya pikirkan hanya mantan pacar saya ,Jono. 
Pokoknya saya jengkel bu sama Dia.ketika saya sedang jalan- jalan ke pantai dengan teman- teman. Saya melihat Jono sedang jalan dengan cewek lain. Dan kelihatan mesra sekali.dan saya kepikiran terus.
Prognosa
Kons= tampaknya kamu belum bisa  melupakan Dia?(open question)
Klien= benar, bu.
Kons=apakah kamu masih sering berkomunikasi dengan Jono? (open question)
Klien= iya pada awalnya. Tapi sekarang sudah tidak lagi karena saya masih merasa ilfeel dengan sikap dia terhadap saya.saya muak melihat cewek barunya.
Treatment
Kons= apakah kamu ingin kembali menjalin hubungan dengan mantan pacarmu itu? (open question)
Klien= tidak si, tapi
Kons= tapi apa
Klien= tapi Jono adalah pacar pertama saya. Dia orangnya sabar, pengertian dan dia sangat           dewasa .dia adalah penyemangat saya dalam belajar.Kami menjalin hubungan sudah 5 bulan.kami putus karena perbedaan pendapat diantara kami
Kons= hmmm.ya,,,ya  (reflection)
Bagaimana perasaanmu  terhadap mantan pacarmu itu?
klien= perasaan yang aneh karena sudah menjadi mantan tapi diriku tidak bisa melupakan             dirinya.maklum pacar pertama
kons= ya , saya dapat memahami perasaanmu .( open question / empati)
klien= dan yang lebih menjengkelkan lagi saya tidak bisa konsentrasi belajar karena stiap hari        saya sering memikirkan dia.terutama pada saat saya sedang sendiri.saya jadi semakin   terpuruk karena dia.
apalagi terkadang kalau melihat ada teman yang sedang jalan dengan pacarnya, saya jadi semakin galau.
Kons= jadi keinginanmu sekarang bagaimana? (open question)
Klien=saya ingin hidup tenang tanpa memikirkan Jono .melupakan dia .saya juga ingin      berprestasi.saya pengen move on bu.
Kons=baik, Tata bahwa perasaan sangat terpukul, kecewa,sedih,berkepanjangan terhadap mantan             pacarmu harus dirubah.pikiran tentang cinta pertama dan penyemangat hidup  itu     bersumber dari dalam pikiranmu sendiri(clarification)
Klien= begitu ya bu.
Kons=iya,pikiranmu yang irasional itu perlu diubah.mari kita melangkah untuk menemukan           jalan keluarnya(clarification)
Klien= baiklah ,bu saya juga senang kalau masalah ini cepat selesai.
Kons= menurut kamu hiup yang bermakna itu yang seperti apa?(open question)
Klien=yang bisa merasakan nyaman dengan diri sendiri dan nyaman dalam hubungan dengan       orang lain.
Kons= lalu apakah cinta perama itu satu-satunya harapan yang bisa membawa semangat alam        hidup? (open question)
Klien=tidak,karena semangat itu bias timbul dari mana saja mungkin dari teman,sahabat,atau        mana saja.
Kons=apakah jono adalah satu-satunya laki- laki yang perhatian terhadap kehidupan kamu? (open question)
Klien= tidak, karena masih ada orang-orang terdekat utamanya keluarga saya.
Kons=hebat, nampaknya kamu sudah menyadari arti hidup bermakna.(confrontation)
Klien=he,he
kesimpulan
Kons=hidup bermakna itu tidak hanya karena berpacaran,tapi karena hal-hal yang kita lakukan     dalam hidup ini(evaluation)
Klien=iya bu, saya semakin menyadari untuk memaknai hidup saya walaupun tidak bersama mas Jono.
penutup
Kons=ya, saya mendukung keputusanmu itu
bagaimana perasaanmu sekarang?
Klien= lega bu karena telah menemukan jalan keluar dalam masalah ini, terima  kasih ibu sudah     memberi nasehat kepada saya kalau begitu saya pamit dulu ya bu.
selamat siang
Kons= ok.sama-sama
selamat siang juga.





           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar