Kamis, 16 Mei 2013

contoh satlan penguasaan konten



SATUAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING(RPP)

A.    Topik permasalahan/ bahasan                          :  kerja sama
B.     Bidang bimbingan                                           :  sosial
C.     Jenis layanan                                                   :  penguasaan konten
D.    Fungsi layanan                                                :  pemahaman
E.     Tujuan layanan/ hasil yang ingin dicapai        :  peserta didik dapat mempraktekkan,melakukan, dan membiasakan kerja sama yang baik dalam kehidupan sehari - hari
F.      Sasaran layanan                                               :  peserta didik kelas 11 SMAN 1 Petarukan
G.    Uraikan kegiatan dan materi kegiatan            :
Konselor :
1.      Salam pembuka dan do’a
2.      Presensi
3.      Ice  breaking (tebak tebakan kata)
4.      Menjelaskan topik bahasan yaitu mengenai kerja sama
5.      Tanya jawab megenai materi
6.      Memberi tugas / simulasi kepada siswa mengenai kerja sama
7.      simpulan

Siswa :
1.      siswa berpartisipasi dalam kegiatan ice breaking
2.      siswa mendengarkan dan menyimak
3.      siswa memahami mengenai pentingya kerja sama
4.      siswa dapat mempraktekan,melakukan,dan membiasakan arti kerja sama dalam kehidupan sehari –hari

H.    Metode                                                : ceramah, diskusi dan tanya jawab
I.       Tempat penyelenggaraan                    : kelas 11 B
J.       Waktu dan tanggal                              : 1 x 45 dan 27 maret 2013
Semester                                              : I
K.    Penyelengara layanan                          : Konselor
L.     Pihak yang diikutsertakan                   : Wali kelas
M.   Alat dan perlengkapan                        : Buku, pulpen,penghapus,bahan ajar
N.    Rencana penilaian dan tindak lanjut   :
a.       Rencana penilaian
·         Laiseg       :
Proses penilaian    :
-          Peserta didik mengikuti layanan dengan baik dari awal sampai selesai
-          Peserta didik aktif dalam pendapat dan tanggapan
Evaluasi                 :  peserta didik mampu mempraktekan kerjasama dan mampu    memahaminya

b.      Tindak lanjut   : Pembimbing akan terus memantau perkembangan   peserta didik dan mengadakan konseling bagi peserta didik yang membutuhkan konseling

O.    Keterkaitan layanan                            : Himpunan data
P.      Catatan khusus                                    :  -

Pemalang,……

Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                       konselor  






                                                                             

Cara Membangun "Teamwork" (Kerja Sama Tim)
Top of Form
Agar dapat membangun sebuah tim yang bagus dan baik, diperlukan lebih dari sekadar mengumpulkan orang-orang yang tepat. Sebab, ujian utama dari leadership sebenarnya adalah menciptakan lingkungan dimana setiap individu mau bekerja secara kooperatif dan kolaboratif.

Tips berikut mungkin bisa membantu kita dalam membangun kerja sama tim yang lebih baik :
  • Fokus
Jelaskan rencana jangka panjang organisasi dan lakukan follow-up dengan teratur. Orang-orang sering kali terlalu fokus pada masalah hari ini dan pekerjaan rutinnya, sehingga kehilangan gambaran dari tujuan utama secara keseluruhan. Jadi, sewaktu anggota lainnya sedang berkonsentrasi menyelesaikan masalah, anggota lain dapat mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk me-review proses dan mengeliminasi masalah-masalah yang mungkin muncul di masa depan.
  • Definisikan Peran
Garis bawahi dengan jelas tanggung jawab dan peran setiap individu dalam suatu tim. Hal ini sangat penting untuk menjamin kesuksesan tim. Pemahaman tim terhadap tugas dan tanggung jawab masing-masing akan sangat membantu dalam pelaksanaan kerja sama tim secara kolaboratif. Dukunglah tim Anda untuk mendefinisikan fungsi mereka. Para anggota tim akan mampu mengambil lebih banyak tanggung jawab apabila mereka berada dalam posisi yang cocok, dan salah satu dari mereka mungkin akan  dapat mengeluarkan bakat baru yang tidak disadari sebelumnya.




  • Tetapkan Tujuan
Anggota tim perlu memperhatikan tujuan individu maupun tujuan tim. Dukunglah mereka untuk menentukan tujuan jangka pendek yang dapat diraih dan dapat diukur, serta tujuan jangka panjang. Dengan tujuan yang jelas dan kode etik atau aturan tertentu, tim akan mulai bisa mengatur dirinya sendiri untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut. Pantauan dari senior sangat dibutuhkan untuk menghilangkan sifat-sifat negatif seperti kemalasan, keterlambatan, serta suka menunda-nunda pekerjaan. Komunikasikan selalu setiap tujuan dengan jelas, dan pastikan setiap anggota tim benar-benar memahaminya.
  • Bagikan Informasi
Informasi yang disembunyikan akan dianggap sebagai gosip atau rumor. Produktivitas dan moral tim akan menurun bila mereka menemukan banyak informasi yang tidak jelas berkeliaran, terutama di masa-masa sulit atau peralihan. Bagikan dan sebarkanlah semua informasi yang memang perlu dikomunikasikan ke semua anggota tim, dan jangan lupa untuk terus meng-update informasi tersebut sesering mungkin.
  • Kepercayaan
    Jadilah orang yang dapat dipercaya dan diandalkan. Hargailah kata-kata Anda sendiri. Bila Anda seorang pemimpin dan Anda sudah berjanji untuk memberikan sesuatu kepada anak buah, maka pastikan Anda menepati janji tersebut. Bila Anda salah satu anggota tim dan pernah berjanji untuk melakukan sesuatu kepada tim atau pemimpin Anda, maka pastikan juga Anda menepati janji tersebut. Perlakukan setiap anggota tim dengan perlakuan yang sama. Jangan ada 'anak emas' dan 'orang istimewa'.
  • Dengarkan
    Bersikaplah terbuka terhadap ide-ide dari anggota tim lain. Berikan mereka kesempatan untuk menyampaikan pendapat dalam rapat atau saat brainstorming. Pertimbangkan setiap saran mereka. Kita tidak akan pernah benar-benar tahu saran dan pendapat mana yang terbaik sampai kita sendiri membuktikannya. Banyak organisasi menghabiskan dana besar untuk menyewa konsultan dari luar, tanpa terlebih dahulu menanyakan pendapat pegawai dan anak buahnya sendiri. Padahal, seringkali merekalah yang paling tahu problem apa yang terjadi di dalam. Berikan pujian kepada anggota tim kita dan jadilah seorang pemimpin dan pendengar yang baik.
  • Bersabar
    Bila tim Anda terlihat bermasalah dan tidak menunjukkan hasil apa pun, bersabarlah. Beri waktu dan amati perkembangannya. Sering kali mereka bisa mengatasi masalahnya sendiri, dan Anda perlu mengawasi dan mengamati saja. Bila hal ini tidak terjadi, maka beraksilah. Pecat dan hire orang lain bila memang diperlukan. Tidak ada gunanya menyimpan 'benalu' di dalam tim.
  • Dukungan
    Setiap anggota tim harus ditantang untuk berkontribusi dalam segala hal. Dorong mereka untuk ikut training bila memang diperlukan dan beri kesempatan untuk keluar dan melakukan sendiri tugas-tugasnya. Mereka perlu merasa nyaman dalam melakukan tugas supaya dapat menemukan potensi unik dalam diri mereka sendiri. Ubahlah tanggung jawab setiap anggota tim bila memang dianggap perlu. Ketahuilah kekuatan dan kelemahan dari setiap anggota tim dan berikan dukungan positif terhadap kedua hal itu.
  • Tunjukkan Antusiasme
Antusiasme mudah menular. Selalulah bersikap positif dan penuh harap. Bila mereka melihat Anda mengharapkan sesuatu dari mereka, maka ada peluang mereka akan memberikan yang terbaik dan berusaha tidak mengecewakan Anda. Fokuslah juga pada hal-hal yang dikerjakan dengan benar, dan tidak selalu melihat kesalahan orang lain saja.
  • Have Fun
Bangun semangat yang ada di dalam tim agar bisa selalu memberikan energi yang tinggi dan spirit persatuan. Sediakan waktu untuk tertawa bersama dan ciptakan suasana yang sesantai mungkin. Tidak ada tujuan yang dapat dicapai dengan mudah bila suasananya selalu tegang.

  • Delegasi
Jelaskan apa yang harus dikerjakan dan bagaimana caranya (bila diperlukan), lalu biarkan. Lebih baik lagi jika Anda dapat menjelaskan masalah yang ada dan seperti apa hasil yang Anda inginkan. Lalu, biarkan tim Anda mengembangkan cara mereka sendiri untuk menyelesaikan tugas tersebut sesuai waktu yang telah ditetapkan. Bila jadwal review hari Selasa depan, maka jangan menanyakan hasilnya hari ini. Berilah kepercayaan kepada tim Anda untuk memenuhi deadline masing-masing.
  • Berikan Penghargaan
Rayakan keberhasilan bersama-sama dan berikan penghargaan kepada anggota tim tapi tidak secara individual. Dalam setiap tim akan mempunyai individu yang menonjol pada bidang tertentu. Kenalilah hal ini dengan cepat melalui performance review process dan gunakan untuk mendukung kerja sama tim. Hindari semua tindakan yang bisa menimbulkan kecemburuan di antara anggota. Selalu bicara positif tentang anggota tim Anda secara keseluruhan. Promosikan talenta, usaha, dedikasi dan kesuksesan mereka.

Terakhir, yang penting adalah terus-menerus memberi inspirasi kepada semua anggota tim. Bila Anda berbicara tentang hal apa pun yang berhubungan dengan tim, gunakanlah kata 'kita' dan bukan kata 'saya'. Nah, selamat bekerjasama dan sukses untuk Anda semua!


3 komentar:

  1. Iya nih bagus buat referensi bikin Satlan... :)

    BalasHapus
  2. Gambling in California - DrmCD
    Check out 양주 출장마사지 California online 제천 출장마사지 casino reviews and get the latest news about 양산 출장마사지 the best gambling options 강릉 출장샵 in California. Learn about bonuses, games offered and  Rating: 강원도 출장샵 3.2 · ‎18 reviews

    BalasHapus